F.A.Q

  • Apa itu LOTS?

    LOTS (Lotus Online Trading System) adalah aplikasi Online Trading yang dikembangkan untuk Nasabah PT Lotus Andalan Sekuritas. Nasabah dapat melakukan transaksi beli jual saham, melihat portofolio dan pergerakan saham melalui aplikasi LOTS selama memiliki koneksi internet.

  • Apakah PT Lotus Andalan Sekuritas legal?

    PT Lotus Andalan Sekuritas adalah anggota Bursa Efek Indonesia dan SIPF, serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdiri sejak tahun 1990 dengan nama PT Lautandhana Securindo

  • Apa saja syarat pembukaan akun LOTS secara online?

    Memiliki rekening tabungan BCA yang masih aktif
    eKTP (WNI)
    Foto NPWP (Jika ada)
    Paspor (WNA)
    KITAS (WNA)
    Halaman pertama buku tabungan, QR Code atau eStatement
    Kartu Pelajar/Mahasiswa yang masih aktif (khusus pelajar atau mahasiswa)
  • Bagaimana cara pembukaan akun secara online?

    Klik tautan ini https://lots.co.id/openaccount lalu ikuti petunjuk pengisian.

  • Apakah harus menggunakan RDN BCA?

    Saat ini PT Lotus Andalan Sekuritas hanya bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk untuk Rekening Dana Nasabah (RDN)

  • Jika sudah memiliki RDN BCA di Sekuritas lain, apakah harus ada RDN lagi ketika buka akun LOTS?

    Ya, karena 1 (satu) RDN berlaku untuk 1 (satu) akun dan datanya tidak terintegrasi antar Perusahaan Efek

  • Apakah bisa buka akun secara online dengan rekening blu by BCA atau BCA Syariah?

    Pemilik rekening blu by BCA (PT Bank Digital BCA) atau BCA Syariah (PT Bank BCA Syariah) belum dapat melakukan pembukaan akun LOTS secara online.

    Karena keduanya dianggap sebagai rekening bank lain di PT Bank Central Asia Tbk
  • Bagaimana cara buka akun LOTS jika tidak memiliki rekening tabungan BCA?

    Pembukaan akun tetap dapat dilakukan dengan menghubungi CS LOTS di 021-23951010 atau email cs@lots.co.id untuk bantuan lebih lanjut

  • Apakah NPWP wajib diisi? Bagaimana jika tidak memiliki NPWP?

    NPWP saat ini bukan merupakan dokumen mandatory. Pembukaan akun tetap dapat dilakukan meskipun belum memiliki NPWP.

  • Berapa lama proses pembukaan akun secara online?

    Paling cepat 1 (satu) hari bursa apabila tidak ada kendala saat verifikasi data

  • Mengapa pembukaan akun saya prosesnya lebih lama atau gagal?

    Foto dokumen (eKTP/Paspor, NPWP/KITAS, Buku Tabungan) buram atau terpotong

    Foto tanda tangan berbeda dengan yang tercantum di eKTP
    Perbedaan data dengan Dukcapil dan perlu penyesuaian langsung dengan Dukcapil
    NIK tidak terbaca di Pusat Data Dukcapil  dan perlu penyesuaian langsung dengan Dukcapil
  • Berapa biaya transaksi LOTS?

    Komisi transaksi beli 0.15%
    Komisi transaksi jual 0.25%
    Bea Meterai Rp 10,000 (sepuluh ribu rupiah) untuk Trade Confirmation dengan nilai transaksi di atas Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan Konfirmasi Penjatahan IPO dengan nilai diatas Rp5.000.000,- (lima juta rupiah)
  • Apakah ada minimum biaya transaksi atau nilai transaksi?

     Tidak ada

  • Apakah ada biaya lainnya di LOTS?

    Biaya OTC untuk transaksi di Pasar Negosiasi dan pemindahan saham ke sekuritas lain sebesar Rp20.000,- per nama saham

  • Apakah saya harus segera menyetorkan dana setelah pembukaan akun selesai diproses?

    Ya, karena User ID akan non aktif apabila tidak ada setoran dana dalam kurun waktu 30 hari kalender. 60 hari berikutnya akan diberlakukan sebagai rekening tidak aktif (Dormant) dan ditutup secara otomatis

  • Berapa jumlah setoran awal?

    Setoran awal minimal Rp 100,000,- (seratus ribu rupiah) dan tidak ada batas minimal untuk setoran dana selanjutnya

  • Bagaimana cara menyetor/top up dana?

    Setelah pembukaan rekening selesai diproses, Nasabah akan menerima nomor RDN BCA dan bisa langsung melakukan transfer dana ke rekening tersebut.
    Jika transfer dari BCA, maka pilih menu Transfer dan ke rekening BCA
    Jika transfer dari Bank lain, maka pilih menu Transfer ke Bank Lain Dalam Negeri
    Jika transfer dari GOPAY, maka pilih menu Bayar dan ke rekening Bank lain lalu pilih BCA
    Jika transfer dari OVO, maka pilih menu Transfer, pilih tab ke rekening Bank lalu pilih BCA
  • Berapa lama setoran dana masuk ke portofolio LOTS?

    Saldo dana ke RDN akan diproses ke portofolio setiap hari bursa. Setoran dana yang masuk ke RDN setelah pukul 11:30 WIB, pada hari sabtu, minggu atau libur bursa akan tercatat pada hari bursa berikutnya. Kirimkan bukti transfer melalui chat whatsapp CS LOTS agar segera ditindaklanjuti

  • Apakah deposit awal dapat berupa saham?

    Deposit awal dapat berupa saham sesuai penilaian/capping kami. Daftar capping saham diperbaharui secara berkala dan dapat diunduh melalui url https://lots.co.id/cappingstock

     

  • Bagaimana cara pemindahan saham ke rekening LOTS?

    Silahkan ajukan pemindahan saham ke sekuritas asal. Pemindahan saham pertama kali ke LOTS bebas biaya. Pemindahan saham dapat diproses apabila memiliki nomor SID (Single Investor Identification) yang sama

  • Bagaimana mengakses aplikasi LOTS?

    Bagi pengguna PC Windows dapat mengunduh dan install LOTS Desktop melalui tautan berikut https://lots.co.id/download

    Bagi pengguna PC, Mac, tablet dapat mengakses LOTS Web Based melalui URL trade.lots.co.id
    Bagi pengguna Android dapat install LOTS Mobile melalui Playstore dan pengguna iOS melalui Appstore
  • Apa perbedaan Password dan PIN?

    Password adalah kombinasi huruf kapital, kecil dan angka sebanyak 8 karakter yang digunakan untuk masuk ke aplikasi LOTS dan melihat pergerakan saham secara Real-Time. 

    Sedangkan PIN terdiri dari 6 digit angka dan digunakan untuk mengakses halaman portofolio dan melakukan transaksi beli jual
  • Bagaimana jika lupa Password?

    Silahkan klik ýLupa Passwordý pada halaman Login aplikasi LOTS atau hubungi CS LOTS di 021-23951010

  • Bagaimana jika lupa PIN?

    Silahkan klik ýLupa PINý pada halaman Sign-in aplikasi LOTS atau hubungi CS LOTS di 021-23951010

  • Bagaimana jika lupa User ID?

    Silahkan klik ýLupa User IDý pada halaman My Account di https://lots.co.id/ atau hubungi CS LOTS di 021-23951010

  • Bagaimana mengetahui Client ID?

    Client ID dapat dilihat di aplikasi LOTS atau Laporan Transaksi (Statement of Account dan Trade Confirmation) yang dikirimkan setiap bulan atau saat transaksi
  • Bagaimana jika user ID atau akun saya non aktif?

    Silahkan hubungi CS LOTS di 021-23951010 untuk pengaktifan kembali. Tidak semua akun dapat diaktifkan kembali, misalnya akun yang sudah Dorman

  • Bagaimana cara penarikan dana?

    Nasabah dapat mengajukan penarikan dana melalui menu My Account di https://lots.co.id/.

  • Bagaimana melihat status penarikan dana?

    Klik Cash Withdrawal List lalu Refresh. Silahkan periksa rekening bank tujuan apabila statusnya ýFunds Transferred Succesfullyý atau klik Cash Withdrawal Status untuk informasi status penarikan dana lainnya.

  • Kapan dana hasil penarikan masuk ke rekening Bank?

    Silahkan periksa rekening bank tujuan apabila statusnya Funds Transferred Succesfully. Pengiriman dana ke rekening non BCA membutuhkan waktu lebih lama daripada antar rekening BCA

  • Mengapa penarikan dana gagal proses?

    Penyebab penarikan dana belum dapat diproses antara lain:

    Saldo RDN BCA tidak mencukupi
    Melewati batas layanan transfer LLG/RTGS BCA
    Penarikan dana diajukan saat pemeliharaan system
    Klik informasi status pada halaman Cash Withdrawal List atau hubungi CS LOTS di 021-23951010 untuk informasi lebih lanjut
  • Apakah ada biaya transfer ke rekening non BCA?

     Penarikan dana ke rekening non BCA akan dikenakan biaya layanan sesuai ketentuan yang berlaku di PT Bank Central Asia (BCA) Tbk.

  • Apakah penarikan dana ke rekening blu by BCA dan BCA Syariah dikenakan biaya transfer?

    Ya, karena keduanya dianggap sebagai rekening bank lain di PT Bank Central Asia (BCA) Tbk. Sehingga mengikuti ketentuan biaya dan waktu layanan BCA ke rekening non BCA

  • Apa itu Trading Limit?

    Trading Limit adalah fasilitas yang diberikan agar Nasabah dapat memiliki keleluasaan untuk membeli saham melebihi jumlah dana yang dimiliki sebelum tiba jatuh tempo transaksi. Pada saat tiba jatuh tempo transaksi di T+2, Nasabah wajib menyetorkan kekurangan dana ke RDN agar saldo dana tetap positif.

    Jika tidak ada setoran dana ke RDN pada T+2 pukul 11:30 WIB, maka akan dikenakan biaya bunga 0.05% per hari (hari sabtu/minggu/libur diperhitungkan)

  • Mengapa tidak dapat membeli saham meskipun masih memiliki Trading Limit?

    Trading Limit tidak mencukupi untuk pembelian saham karena saham dinilai sesuai dengan besaran valuasi (Capping) yang ditentukan Perusahaan. Daftar Capping saham diperbarui secara berkala dan dapat diunduh melalui tautan ini

  • Apakah membeli saham menggunakan Trading Limit lalu menjual kembali di hari yang sama akan dikenakan biaya terlambat bayar?

    Apabila nilai transaksi jual lebih besar daripada transaksi beli (Nett Sell),
    maka Nasabah tidak perlu menyetorkan dana ke RDN pada T+2 sebelum pukul 11:30 WIB

     

    untuk menghindari biaya keterlambatan bayar

  • Bagaimana memperoleh dokumen transaksi untuk pelaporan pajak?

    Silahkan Login pada My Account di https://lots.co.id/ lalu di bagian Client Supporting Document pilih periode tahun dan klik submit. Dokumen akan terkirim ke email yang terdaftar

  • Bagaimana membeli saham eIPO?

    Investor dapat mendaftar dan melakukan pemesanan melalui https://www.e-ipo.co.id/

    Petunjuk Penggunaan e-IPO bagi Investor selengkapnya dapat mengikuti panduan di sini https://bit.ly/panduaneipoinvestor