Latest News

Semen Indonesia (SMGR) Menetapkan Harga Pelaksanaan Rights Issue Rp 6.600

06 December 2022, 11:14

Rencana rights issue PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) terus bergulir. Emiten semen ini menetapkan harga pelaksanaan sebesar Rp 6.600 per saham.

Sebagai gambaran, SMGR menawarkan sebanyak-banyaknya sebesar 846,21 juta saham baru Seri B atau sebanyak-banyaknya 12,49% setelah rights issue. Setiap pemegang 100 juta saham lama berhak atas 14,26 juta.
 
Alhasil, jumlah dana dan hasil inbreng yang akan diterima SMGR dalam penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) I ini sebanyak-banyaknya sebesar Rp 5,58 triliun.
 
Negara Republik Indonesia merupakan pemegang saham utama SMGR, dimana memiliki satu saham Seri A Dwiwarna dan 3,02 miliar saham Seri B dalam SMGR. Pemerintah akan melaksanakan seluruh haknya sesuai dengan porsi kepemilikan sahamnya dalam, dengan cara penyetoran saham dalam bentuk lain selain uang (inbreng).
 
Penyetoran modal Negara RI akan disetorkan dalam bentuk kepemilikan 75,51% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor PT Semen Baturaja Tbk (SMBR), atau sejumlah 7,49 saham Seri B (inbreng saham SMBR), dengan nilai seluruhnya sebesar Rp 2,84 triliun.
 
Pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETD akan mengalami dilusi maksimum sebesar 12,49% setelah periode pelaksanaan HMETD.
 
Sumber: Kontan.co.id