Latest News

SIMP Raih Pinjaman Rp800 M

28 November 2014, 01:56

PT salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) telah menandatangani perjanjian pinjaman dengan Indofood Agri Resources Ltd sebesar Rp800 miliar.

Publikasi perseroan dikutip dari keterbukaan BEI, Jumat (28/11) menyatakan, penandatangan dilakukan pada 24 November 2014. Pinjaman ini berhangka waktu 36 bulan sejak tanggal penarikan.

"Pinjaman diberikan tanpa ada jaminan aset maupun jaminan perusahaan dari pihak manapun," demikian keterangan manajemen.

Bunga pinjaman menggunakan suku bunga dari PT Bank Centra Asia Tbk. Pembayaran bunga pinjaman dilakukan setiap enam bulan sekali. Setiap pembayaran bunga, dengan pemberitahuan tiga hari kerja, perseroan dapat melakukan pembayaran percepatan untuk seluruh atau sebagian pinjaman yang telah ditarik.

Transaksi afiliasi ini tujuannya untuk melunasi hutang pokok obligasi Salim Ivomas Pratama I tahun 2009 dengan jumlah pokok Rp452 miliar dan hutang pokok obligasi sekitar Rp278 miliar yang jatuh tempo pada 1 Desember 2014, dan sisanya membiayai kebutuhan modal perseroan sehingga tidak mengganggu ketersediaan dana perusahaan.

"Pertimbangan transaksi afiliasi ini mengingat biaya pinjaman dari lembaga keuangan perbankan maupun pembiayaan melalui penerbitan obligasi relatif lebih tinggi," paparnya.

Berdasarkan analisa kantor Jasa Penilai Publik Benedictus Darmapuspita, maka transaksi pinjaman adalah wajar bagi perseroan.



Sumber : ANTARANEWS.COM