Latest News

QIV/2019, Pembangunan Pabrik PKS SIMP di Kalteng Selesai

03 September 2019, 07:17

PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) menargetkan pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) di Kalimantan Tengah (Kalteng) rampung pada kuartal empat tahun ini.

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 45 ton tandan buah segar (TBS) per jam yang bisa ditingkatkan menjadi 60 ton TBS per jam.

"PKS ini akan berkontribusi sebesar 5% hingga 8% terhadap produksi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) SIMP secara keseluruhan," kata Direktur Salim Ivomas Pratama, Johnny Ponto, di Jakarta, Senin (2/9).

Sebagai gambaran, SIMP memproduksi CPO sebesar 921.000 ton pada 2018.

"Seiring dengan perkiraan kenaikan produksi di Kalimantan Tengah, kami meningkatkan total kapasitas pengolahan kelapa sawit dengan membangun satu PKS baru berkapasitas 45 ton TBS per jam," papar Johnny.

Sebagai informasi, SIMP memiliki 26 PKS dengan kapasitas pengolahan mencapai 6,8 jt ton TBS per tahun. Dengan rampungnya pabrik ini, maka jumlah PKS milik SIMP adalah sebanyak 27 PKS. 

SIMP juga memiliki lima pabrik penyulingan CPO dengan kapasitas 1,7 juta ton CPO per tahun dan dua pabrik penyulingan gula berkapasitas 2,2 juta ton tebu per tahun. Per Juni 2019, perusahaan ini memiliki lahan tertanam inti seluas 300.481 hektare yang sebanyak 83% digunakan untuk menanam kelapa sawit.

Untuk merampungkan pembangunan PKS tersebut, SIMP mengalokasikan sebagian dana dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini yang mencapai sekitar Rp1,8 triliun.

Selain untuk infrastruktur pabrik di Kalimantan Tengah, capex ini juga digunakan untuk penanaman tanaman baru, perawatan tanaman, dan replanting tanaman yang ada.




Sumber : ANTARANEWS.COM