Latest News

Pelita Samudera Tambah Armada MV Senilai US$ 7,5 Juta

19 December 2019, 11:14
PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) kembali menambah armadanya di penghujung tahun 2019 dengan membeli 1 unit kapal Kargo Curah (Motor Vessel) seharga US$7,5 juta.
 
Sekretaris Perusahaan PSSI, Imelda Agustina Kiagoes mengatakan, 20% dari angka tadi dibayarkan dari kas internal Perseroan, selebihnya dibayar dalam bentuk saham PSSI.
 
“Akuisisi ini merupakan bagian dari program ekspansi armada yang berkelanjutan, PSSI siap mengejar peluang logistik tidak hanya di pengangkutan batubara namun komoditas mineral lainnya,” urainya dalam keterangan resminya, Kamis (19/12/2019).
 
Kapal dengan kapasitas 28.000 bobot mati (dwt) ini diberi nama “Dewi Gandawati” yang nantinya menambah lini armada Perseroan menjadi 6 kapal MV. Dari jumlah itu sebanyak 4 MV dibeli pada tahun 2019.
 
Disampaikan Imelda saat ini “Dewi Gandawati” telah mendapat kontrak sewa berjangka selama 2 untuk mengangkut produk besi dan batubara.
 
“Penandatanganan kontrak sewa berjangka dengan perusahaan logistik domestik di bulan Desember dengan serah terima kapal telah dilakukan di minggu ke-3 Desember di Batam,” urainya. Sementara untuk pengangkutan perdananya, kapal jenis handysize ini direncanakan mengangkut produk besi dari area Morowali, Sulawesi Selatan.
 
Imelda mengatakan, pendapatan sewa berjangka menjadi salah satu target pertumbuhan Pendapatan di 2020 dengan kenaikan di atas 100% dari 2019.
 
Diversifikasi usaha telah mulai dilakukan ke sektor energi yang lain, target komposisi pengangkutan batu bara di 2020 sekitar 70% dan 30% mineral lainnya.
 
Dengan pembelian 4 unit MV, 1 unit kapal tunda dan 2 unit tongkang di 2019, total armada kapal yang dimiliki Perseroan sebanyak 86 unit, terdiri dari 39 set kapal tunda dan tongkang (TNB), 3 unit fasilitas muatan apung (FLF) dan 6 unit MV 
 
 

Sumber : Majalah Investor