Latest News

Panca Budi Idaman Tingkatkan Kapasitas Pabrik

27 July 2018, 02:26

Produsen kantong plastik, PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) berencana meningkatkan kapasitas pabrik menjadi 90.000 ton hingga akhir tahun. 

"Per April 2018, kami memiliki kapasitas pabrik sebesar 83.000 ton per tahun. Pabrik PBID tersebar di sejumlah daerah seperti Banten, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara, utilisasinya sudah hampir 100%," kata Direktur PBID, Tan Hendra kepada pers di Jakarta, Jumat (27/7).

Manajemen Panca Budi juga berharap bisa meraih pundi-pundi keuntungan lewat ekspansi akuisisi pabrik di Johor Baru, Malaysia. Dengan akuisisi tersebut, diharapkan perusahaan bisa merebut pasar di Asia Tenggara.

Untuk mengakuisisi pabrik tersebut, PBID mengalokasikan dana sebesar Rp20 miliar dari kas internal. 

Perusahaan ini juga berencana menambah mesin di Johor dengan investasi sebesar Rp32 miliar hingga Rp35 miliar. Pabrik yang berlokasi di Malaysia akan menciptakan produk yang memiliki nilai tambah (added value) dibandingkan produk yang ada di Indonesia.

Kapasitas pabrik hasil akuisisi Panca Budi itu hingga 4.000 ton per tahun. Dengan ekspansi pabrik tersebut, PBID berharap bisa membukukan pertumbuhan pendapatan berkisar 10% hingga 12% sepanjang tahun ini. 

Pada 2017, Panca Budi mencatatkan pendapatan bersih Rp 3,49 triliun, tumbuh 10,16% dibandingkan pendapatan di tahun sebelumnya.

Setelah melirik pasar Asia Tenggara dengan ekspansi ke wilayah Johor Baru, Malaysia, kini manajemen Panca Budi juga menjajaki ekspansi hingga ke wilayah China.




Sumber : ANTARANEWS.COM