Latest News

LSIP akuisisi perusahaan properti

29 June 2015, 06:42

PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) memeluk anak usaha baru. Emiten perkebunan ini mengakuisisi 56,7 juta saham atau setara 50% kepemiikan di Asian Assets Management Pte. Ltd.

Nilai transaksinya adalah US$ 39 juta. Dengan perkiraan nilai tukar di kisaran Rp 13.300, maka transaksinya setara Rp 518,7 miliar. “Ini didanai oleh kas internal LSIP,” ungkap Endah Madnawidjaja, Sekretaris Perusahaan LSIP, dalam keterbukaan informasi.

Sekedar informasi, Asia Assets Management adalah perusahaan yang berkedudukan di Singapura. AAM memiliki 100% saham secara langsung di di PT Aston Inti Makmur, sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis properti. Aston Inti Makmur adalah perusahaan yang mengoperasikan gedung Ariobimo Sentral Building, di Jalan H.R. Rasuna Said X-2 Kav. 5, Jakarta.

LSIP memiliki 6 anak usaha dengan kepemilikan langsung. Ini antara lain PT Multi Agro Kencana Prima, PT Tani Musi Persada, PT Sumatera Agri Sejahtera, PT Tani Andalas Sejahtera yang bergerak di sektor perkebunan. Lalu ada Lonsum Singapore Pte. Ltd. yang bergerak di sektor perdagangan dan pemasaran dan Agri Investments Pte. Ltd. yang merupakan perusahaan investasi di bidang teknologi pertanian dan budidaya tanaman.

Kemudian, LSIP juga memiliki anak usaha dengan kepemilikan tak langsung. Ini adalah Sumatra Bioscience Pte. Ltd. yang bergerak di bidang perdagangan, pemasaran, dan penelitian.

Pada kuartal pertama, laba LSIP terpangkas 32,29% dari Rp 226,01 miliar menjadi Rp 153,03 miliar. Pendapatannya pun turun 30,58% dari Rp 1,27 triliun ke posisi Rp 888,47 milliar.

Sekedar informasi, LSIP merupakan anak usaha dari Indofood Agri Resources Ltd (IndoAgri). PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) baru saja meningkatkan kepemilikan langsungnya di IndoAgri dari 1,43% menjadi 2,83%. Sehingga secara keseluruhan, kepemilikan langsung dan tidak langsung INDF di IndoAgri naik dari 61,38% 62,78%.

 

Sumber : KONTAN.CO.ID