Latest News

Brand Finance Global 500, BRI (BBRI) Satu-Satunya Merek Asal Indonesia

26 March 2024, 10:11

 Ini pencapaian membanggakan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI). BRI menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk daftar Brand Finance Global 500 tahun 2024. BRI menempati peringkat 446 dunia. Pencapaian ini menjadi prestasi tersendiri bagi perseroan karena pertama kalinya masuk daftar tersebut.

Dalam rilis yang diterima Senin (25/3/2024), Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan apresiasi dan kebanggaan atas prestasi yang diraih oleh perusahaan yang dipimpinnya. “Penilaian ini membuktikan bahwa kinerja dan prestasi BRI diakui secara luas tidak hanya dalam lingkup nasional dan regional semata, namun juga oleh dunia internasional.

Sunarso optimistis merek BRI yang semakin kuat dapat menjadi motivasi bagi perseroan untuk terus meningkatkan peran dan kontribusinya, baik dalam penciptaan economic value maupun social value.

Dalam publikasinya, Chairman & CEO Brand Finance David Haigh mengungkapkan hasil riset Brand Finance 500 2024 lebih komprehensif dibanding tahun-tahun sebelumnya. Brand Finance berinvestasi lebih banyak dalam meneliti dan memahami persepsi pelanggan terhadap merek di seluruh dunia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan penelitian dilakukan pada lebih banyak lokasi secara global.

 

 

Brand Finance, konsultan valuasi merek terkemuka di dunia, mempublikasikan 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia, melalui laporan Brand Finance Global 500 2024. Dalam daftar “the world’s top 500 most valuable & strongest global brands” tersebut, Apple kokoh menjadi nomor pertama mengungguli raksasa teknologi lainnya seperti Samsung, Amazon, Google dan Microsoft. 

 

Secara berurutan, 10 besar posisi merek paling bernilai dan terkuat di dunia diisi oleh Apple, Microsoft, Google, Amazon, Samsung, Walmart, TikTok, facebook, T Mobile dan ICBC. 

Menariknya, dalam daftar 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia tersebut terdapat 1 perusahaan dari Indonesia yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), atau BRI. Inilah untuk pertama kalinya BRI masuk dalam daftar tersebut, meski berada pada urutan 4

Brand Finance Global 500 merupakan laporan tahunan yang dibuat oleh Brand Finance dengan penilaian pada dua faktor utama, yakni kinerja keuangan dan kekuatan merek dari sebuah perusahaan. Untuk tahun ini Brand Finance telah melakukan riset kepada 5.000 merek di 30 negara.