Latest News

5 Bank Gede RUPS, Siap-siap Dividen Jumbo?

13 March 2023, 01:43

Lima bank besar dijadwalkan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada pekan ini.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menggelar RUPST pada Senin (13/3/2023) ini. Sementara PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) pada 14 Maret, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) pada 15 Maret, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) pada 16 Maret. Selain itu, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga menjadwalkan RUPS pada 16 Maret.

Sementara itu, BBRI menjadwalkan konferensi pers RUPST pada Senin siang mulai pukul 13.00 WIB secara online. Adapun mata acara RUPST BBRI di antaranya persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan, juga penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.

RUPST BMRI juga bakal membahas persetujuan laporan tahunan serta penggunaan laba bersih tahun buku 2022.

Sedangkan, RUPST BBNI selain membahas persetujuan laporan tahunan dan penetapan penggunaan laba bersih, juga meminta persetujuan atas rencana aksi buyback saham.

Lalu mata acara RUPST BBTN, di antaranya persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan perseroan, serta Persetujuan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.

Kemudian mata acara RUPST BBCA, termasuk juga penetapan penggunaan laba bersih tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022. Penggunaan laba bersih perseroan akan diusulkan untuk disisihkan sebagai dana cadangan, pembagian dividen tunai, dan sisa laba bersih yang tidak ditentukan penggunaannya akan ditetapkan sebagai laba ditahan.

Sebelumnya, berdasarkan laporan riset Phintraco Sekuritas, kelima bank itu berpotensi menetapkan rasio dividen tinggi, melanjutkan tren sejak 2016. Bank Mandiri ditaksir memberikan dividen per saham terbesar, yakni Rp 529 per saham, BCA Rp 168 per saham, BNI Rp 245 per saham, BRI Rp 208 per saham, dan BTN Rp 57 per saham.

Keputusan final pembagian dividen akan diumumkan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) lima bank tersebut. BCA akan menggelar RUPST pada 16 Maret 2023, BNI 15 Maret, BRI 13 Maret, Mandiri 14 Maret, dan BTN 16 Maret.

Sumber: investor.id