Laba Bersih Mandom Turun 3,4%

Wednesday, 20 Mar 2019 02:53

PT Mandom Indonesia Tbk mencatat penurunan laba bersih sepanjang 2018 sekitar 3,4% menjadi Rp173,05 miliar dari tahun sebelumnya Rp179,13 miliar.

Kondisi ini dipicu rendahnya capaian penjualan bersih sekitar 2,1% dari Rp2,71 triliun pada 2017 menjadi Rp2,65 triliun. Penyebabnya adalah penjualan domestik turun sekitar 5,6% menjadi Rp1,95 triliun dari Rp2,06 triliun.

Sementara, penjualan ekspor menguat 9% dari Rp640,44 miliar menjadi Rp697,99 miliar.

"Tahun 2018 merupakan tahun yang cukup menantang bagi industri consumer goods, termasuk mandom Indonesia. Meskipun pengeluaran konsumsi rumah tangga masih tumbuh positif, namun pola konsumsi konsumen memperlihatkan adanya tren perubahan," kata Direktur Utama Tatsuya Arichi melalui keterbukaan informasi BEI, Rabu (20/3).

Untuk itu, Mandom menerapkan langkah-langkah strategis, yakni selain meluncurkan beberapa produk baru, juga menjual produk yang bersifat fast moving di pasar domestik serta meningkatkan total jumlah produk yang termasuk dalam kategori fast moving.

Berdasarkan kategori, skin care dan make up masih tumbuh sekitar 7,1%. Pertumbuhan tersebut didorong oleh beberapa perawatan produk PIXY, yakni seri PIXY 4 Beauty Benefit dan PIXY Make It Glow.

Sementara itu, produk perawatan rambut dan wangi-wangian turun masing-masing 9,7% dan 7,1% seiring dengan ketatnya persaingan.

"Untuk tahun ini, Mandom akan berupaya mencatat pertumbuhan sekitar 5-10% secara keseluruhan," tuturnya.




Sumber : ANTARANEWS.COM