Pabrik plant 4B milik ARNA bakal rampung Juni tahun ini

Monday , 11 Feb 2019 02:24

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) pastikan satu pabrik perseroan di Sumatera bakal rampung di bulan Juni tahun ini. Lini pabrikan tersebut tepatnya terletak di Ogan Ilir, Sumatra Selatan yang bertujuannya untuk memperkuat ekspansi keramik Arwana ke pasar Sumatra.

Edy Suyanto, Direktur ARNA mengatakan plant 4B tersebut sedang dalam proses pembangunan. "Pabrik baru plant 4B diharapkan rampung bulan Juni 2019," katanya kepada Kontan.co.id, Senin (11/2).

Sebelumnya, pabrik plant 4 ARNA telah beroperasi sejak September 2013 dan berkapasitas produksi 8 juta meter persegi keramik per tahun. Dengan penambahan plant 4B ini perusahaan akan menambah kapasitas sekitar 6 juta meter persegi per tahun, sehingga total kapasitas pabrik di Sumatra Selatan menjadi 14 juta meter persegi per tahun.

Alhasil, kata Edy keberadaan pabrik baru ini di 2019 akan meningkatkan kapasitas terpasang perseroan menjadi 62 juta meter persegi per tahunnya. Seperti yang diketahui, demi menambah kapasitas tersebut perseroan menginvestasikan dana sekitar Rp 150 miliar.

Nantinya plant 4B akan menghasilkan keramik ukuran 50 cm x 50 cm, yang sebelumnya telah diproduksi pada pabrik di Jawa Timur. Selain perampungan pabrik itu, perusahaan belum menambah lini baru lagi di tahun ini.

Sehingga belanja modal (capital expenditure) di 2019 tak terlalu besar hanya sekitar Rp 60 miliar, yang sebagian besar untuk pembiayaan perampungan plant 4B dan peremajaan mesin plant 2A di Serang, Banten.

 

Sumber : KONTAN.CO.ID