Izin Ditolak, Prima Cakrawala Setop Pabrik di Semarang

Friday , 14 Sep 2018 02:07

Industri pengolahan hasi perikanan (rajungan), PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) telah menutup pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

"Berdasarkan surat kepala dinas pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) kota Semarang No. 503/611 tanggal 2 Agustus 2018 tentang jawaban permohonan penerbitan izin usaha industri (IUI), perusahaan tidak mendapatkan IUI dari instansi terkait mengingat kantor dan pabrik perusahaan yang berlokasi di Jalan KRT Wongsonegoro No.39, Ngaliyan, Semarang, tidak berada di kawasan industri, di mana seharusnya diperuntukkan sebagai pemukinan," kata Sekretaris Perusahaan, Beradian Ferry, dalam keterbukaan informasi BEI, Jumat (14/9).

Ia melanjutkan, dengan ditolaknya IUI, maka terjadi pengunduran diri sebagian besar karyawan dan tenaga ahli yang bekerja di kantor perseroan di Semarang.

"Dengan demikian, perseroan harus berhenti sementara dalam melakukan kegiatan proses produksi," lanjutnya.

Kendati demikian, penutupan pabrik tersebut dapat menghemat biaya tetap perseroan sekitar Rp2,4 miliar per tahun. 

Di sisi lain, perseroan akan memfokuskan kegiatan ekspor dan produksi di kedua sisi anak usahanya, yakni PT Karya Persada Khatulistiwa (KPK) yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat dan PT Nuansa Cipta Magello (NCM) yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. 

"Pemberhentian sementara kegiatan proses produksi perseroan juga berdampak pada target ekspor per bulannya, yakni target lima kontainer per bulan menjadi tiga kontainer per bulan," paparnya.




Sumber : ANTARANEWS.COM