Garuda dan Sriwijaya Perkuat Pasar Domestik

Wednesday, 16 May 2018 03:15

Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group akan melaksanakan penandatanganan kerjasama komersial codeshare dalam rangka memperkuat kerjasama network khususnya di wilayah domestik. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury mengatakan, kerja sama ini akan semakin memperluas jaringan penerbangan Garuda Indonesia dan memperbanyak destinasi baru khususnya di domestik.

“Kerja sama ini selain akan memperkuat network dari kedua maskapai juga akan meningkatkan market share, mengingat masih banyak kota kota yang memiliki pertumbuhan penumpang cukup potensial namun belum dijangkau oleh penerbangan Garuda Indonesia,” kata Pahala, dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (16/5).

Sementara, Direktur Utama Sriwijawa Group, Chandra Lie menyampaikan, kerja sama ini menjadi suatu catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia, karena ada dua kekuatan maskapai besar yang bersinergi untuk membangun negeri. 

“Komitmen kerjasama dalam pelayanan ini diharapkan akan membawa kontribusi positif buat kemajuan transportasi udara di Indonesia dan mengedepankan kepentingan pelanggan dalam melakukan perjalanannya dari Sabang hingga Merauke,” tutur Chandra.

Pelaksanaan kerjasama codeshare tersebut merupakan upaya dari kedua group maskapai untuk memperkuat sinergy, mengembangkan market share dan meningkatkan profitability. 

Dengan kerja sama ini, maka Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group (Sriwijaya dan NAM Air) dapat mengembangkan layanan masing-masing dengan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan.

Sebagai tahap awal kerjasama dilaksanakan melalui dua skema kerjasama yang saling menguntungkan yaitu Skema Perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Ke depan, pembukaan rute-rute pada agreement tersebut akan dibagi dalam beberapa fase.

Adapun detail kerjasama ini ialah sebagai berikut: 

1. Kerjasama Codeshare/SPA di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai (Garuda Indonesia sebagai maskapai yang mengoperasikan atau Sriwijaya sebagai maskapai yang mengoperasikan). Contohnya, Yogyakarta - Palembang (dioperasikan oleh Sriwijaya, dan dipasarkan oleh Garuda Indonesia atau sebaliknya).

2. Kerjasama Codeshare dengan mengkombinasikan penerbangan yang dimiliki oleh kedua maskapai. Contohnya, rute Jakarta - Sampit via Semarang, Jakarta - Semarang (dioperasikan oleh Garuda), Semarang - Sampit (dioperasikan oleh Sriwijaya). Rute Jakarta - Alor via Kupang, Jakarta - Kupang (dioperasikan oleh Garuda), Kupang - Alor (dioperasikan oleh Sriwijaya).

Melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia/Citilink akan menempatkan nomor penerbangan (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan (codeshare) dengan Sriwijaya/NAM Air.

Sementara, Sriwijaya/NAM Air juga akan menempatkan nomor penerbangnya (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Garuda Indonesia/Citilink.




Sumber : ANTARANEWS.COM