Unilever Bakal Divestasi Aset Spreads Rp2,914 triliun

Wednesday, 16 May 2018 01:33

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berencana menjual aset dari kategori baking, cooking, dan spreads, yang ditaksir mencapai Rp2,914 triliun. 

Berdasarkan prospektus ringkat yang diterbitkan Rabu (16/5), penjualan aset dari kategori ini mencakup penjualan aset tidak berwujud yang termasuk namun tidak terbatas pada hak untuk mendistribusikan produk yang menggunakan merek dagang global Frytol, Blue Band Master dan Blue Band, dan mereka dagang lokal Minyak Samin dan Blue Bland Gold.

Selanjutnya, penjualan aset berwujud termasuk namun tidak terbatas pada aet produksi, perlengkapan, persediaan, dan barang dagang. Kemudian, penyewaan sebagian dari tanah dan bangunan pabrik Cikarang yang digunakan untuk pengoperasian aset kategori Spreads, serta penjualan mereka dagang lokal, kepada Sigma Bidco B.V atau afiliasinya di Indonesia.

Karena nilai total penjualan aset dari kategori Spreads yang merupakan transaksi material sehingga membutuhkan persetujuan RUPS Luas Biasa.

Perseroan memiliki perjanjian lisensi dengan Unilever N.V. untuk penggunaan berbagai merek global di Indonesia yang dimiliki oleh Unilever N.V. termasuk merek dagang global.

Berdasarkan perjanjian lisensi, Unilever N.V. dapat setiap saat menambah atau mengurangi merek global yang dapat digunakan oleh Perseroan di Indonesia. Selain itu, sebagai bagian dari Grup Unilever yang memiliki operasi di seluruh dunia, perseroan selalu menyelaraskan strategi maupun kebijakan global dari Grup Unilever untuk merek-merek yang dikomersialisasi oleh perusahaan di Indonesia.

Pada 15 Desember 2017, Unilever N.V. dan Unilever Plc menerima tawaran mengikat dari Sigma Bidco B.V., sehubungan dengan pembelian bisnis spreads global milik Grup Unilever, termasuk aset kategori Spreads di Indonesia yang dimiliki oleh perseroan.

Dengan memisahkan aset kategori Spreads ini, maka perseroan akan lebih fokus kepada produk kategori Home and Personal Care serta Foods and Refreshments sesuai dengan rencana pertumbuhan jangka panjang perseroan dan Grup Unilever.

Unilever N.V., Unilever Plc dan Sigma Bidco B.V. akan menandatangani Share and Business Sale Agreement terkait dengan jual beli perusahaan dan bisnis yang merupakan bagian dari bisnis Baking, Cooking dan Spreads global milik Grup Unilever. 

Sehubungan dengan penjualan tersebut, Pperseroan akan mengadakan perjanjian pengalihan dengan Sigma Bidco B.V. atau afiliasinya di Indonesia atau di yurisdiksi lain untuk bagian dari bisnis Spreads di Indonesia.




Sumber : ANTARANEWS.COM