Multistrada Gunakan Listrik Tegangan Tinggi Dari PLN

Friday , 12 Jan 2018 02:38

Produsen ban Achilles dan Corsa, PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA), mulai menggunakan listrik tegangan tinggi sebesar 30 megavolt ampere (MVA) dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk meningkatkan produksinya. 

"Sebelumnya, kami menggunakan listrik tegangan menengah," kata Presiden Direktur Multistrada, Pieter Tanuri kepada pers di Jakarta, Jumat (12/1).

Penambahan daya listrik, menurut Pieter, diperlukan untuk menaikkan produksi ban. Hasilnya untuk mencukupi permintaan pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Dengan menjadi pelanggan listrik tegangan tinggi 150 kilovolt (kV), diharapkan kualitas daya maupun stabilitas pasokan semakin baik sehingga dapat meningkatkan produksi ban perusahaan. Produksi meningkat, otomatis kontribusi Multistrada terhadap pendapatan devisa negara juga akan bertambah melalui produk ekspor," papar dia.

Gardu induk Multistrada mendapat pasokan listrik dari gardu induk Sukatani melalui jaringan transmisi tegangan tinggi 150 kV. 

Ketersediaan pasokan listrik untuk Jawa Barat mencapai 11.063 megawatt (MW) dengan beban puncak (peak load) berkisar 7.310 MW. Itu berarti, masih tersedia daya listrik di Jawa Barat sebesar 3.753 MW, yang dapat dimanfaatkan para investor untuk menanamkan modalnya dengan membangun pabrik di Jawa Barat.




Sumber : ANTARANEWS.COM