Ini Alasan Sido Muncul Beli Tanah Nyonya Meneer Rp 21 Miliar

Thursday , 12 Oct 2017 02:43

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) telah membeli aset berupa tanah dan bangunan seluas 23,475 meter persegi milik Nyonya Meneer seharga Rp 21,9 miliar. Lalu apa alasannya?

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengaku tidak ada alasan khusus perseroan membeli aset tersebut. Tanah dan bangunan yang merupakan Taman Djamoe Indonesia itu ternyata bersebelahan langsung dengan pabrik milik Sido Muncul.

"Karena tanah ini nempel di Pabriknya Sido Muncul, tanah itu mukanya, ya kita beli saja. Tapi itu bukan pabrik Nyonya Meneer, itu Taman Djamoe Indonesia punya Nyonya Meneer," terangnya kepada detikFinance, Kamis (12/10/2017).

Irwan mengatakan belum ada rencana perseroan apakah akan mengutak-atik Taman Djamoe Indonesia itu. Perseroan hanya berniat untuk menambah kepemilikan aset, bukan untuk mendirikan pabrik baru.

"Saya belum tahu itu nanti buat apa, karena kita masih punya banyak tanah kosong. Tanah kita ada sekitar 36 hektare (ha), ditambah itu jadi 38,5 ha," imbuhnya.

Perseroan saat ini tegah menyelesaikan fasilitas produksi jamu cair yang akan selesai tahun ini dan beroperasi Maret 2018. Fasilitas baru itu akan menambah kapasitas produksi jamu cair seperti Tolak Angin menjadi dua kali lipat dari kapasitas terpasang.

"Untuk pabrik baru, kita hanya fokus selesaikan itu, belum ada lagi," tandasnya. 

Sekadar informasi aset seluas 23,475 meter persegi yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta Km. 28, Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas (dahulu Klepu), Kabupaten Semarang. Berdasarkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) No. 10 aset tersebut atas nama Nyonya Meneer.

Sido Muncul membeli aset tersebut melalui mekanisme lelang secara online. Proses lelang hak tanggungan dilakukan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Papua yang diadakan pada 26 September 2017.




Sumber : DETIK FINANCE