Pefindo Beri Peringkat Bank BTN (BBTN) idAAA, Ada Pendorongnya?

Tuesday , 16 Jul 2024 05:27

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAAA dengan prospek stabil untuk PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dalam Ikhtisar Peringkat tertanggal 12 Juli 2024. 


Peringkat ini terutama dipengaruhi oleh tingkat kemungkinan dukungan yang sangat kuat dari pemerintah, selain kredit berdiri sendiri Bank BTN yang mencerminkan posisi usaha dan profil permodalan yang sangat kuat. Namun, peringkat ini dibatasi oleh profil kualitas aset yang di bawah rata-rata dan indikator profitabilitas yang moderat.


Pefindo menyampaikan bahwa peringkat dapat diturunkan jika ada pelemahan dukungan pemerintah terhadap Bank BTN, yang dapat diindikasikan dari menurunnya peran Bank BTN dalam mendukung program pemerintah. 


Bank BTN adalah bank milik pemerintah yang fokus pada segmen kredit pemilikan rumah (KPR), termasuk menyediakan KPR bersubsidi untuk mendukung program perumahan pemerintah bagi debitur berpenghasilan rendah hingga menengah. Per tanggal 31 Maret 2024, pemegang saham Bank BTN terdiri dari Pemerintah Indonesia (60%) dan masyarakat (40%).


Sebagai informasi, pada penutupan perdagangan sesi pertama hari Selasa (16/7), saham BBTN tercatat naik 10 poin menjadi Rp1.370 per saham. 

 

Sumber: emitennews.com