Masuk dan Keluar FCA, Saham Fortune (FORU) Kena Suspensi Lagi

Tuesday , 16 Jul 2024 10:47

Saham PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) kena suspensi lagi. Padahal, saham ini baru dilepas dari suspensi dan ditransaksikan dalam sembilan hari perdagangan sejak 3 Juli 2024.


Bursa Efek Indonesia (BEI) menyetop perdagangan saham FORU karena terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham ini. 


"Sebagai bentuk perlindungan bagi investor, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham FORU di pasar reguler dan pasar tunai mulai sesi I perdagangan tanggal 16 Juli 2024 sampai dengan pengumuman bursa lebih lanjut," ungkap Yulianto Aji Sadono, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI dan Pande Made Kusuma Ari A, Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI dalam pengumuman bursa, Senin (15/7).

 

Menurut data Bloomberg, harga saham FORU menguat dalam lima hari perdagangan berturut-turut sejak 9-15 Juli 2024. Kemarin, Senin (15/7), harga saham FORU mentok auto rejection atas dengan kenaikan 24,76% ke Rp 1.940 per saham.

 

Ini adalah hari kedua saham FORU mentok ARA setelah Jumat (12/7). Dalam lima hari perdagangan, harga saham FORU mengakumulasi kenaikan 105,29%.

 

Sekadar informasi, BEI menyetor perdagangan saham FORU sejak 29 Februari lalu. BEI baru melepas suspensi saham FORU pada 3 Juli 2024. Tetapi saat lepas suspensi, saham FORU ditransaksikan dengan full periodic call auction (FCA) karena masuk dalam pemantauan khusus.

 

Saat ditransaksikan dengan FCA, saham FORU cenderung menguat. BEI melepas FORU dari pemantauan khusus pada Jumat (12/7)

 

Sumber: Kontan.co.id