Pelayaran Kurnia Lautan (KLAS) Tetapkan Harga IPO Rp 146 per Saham

Wednesday, 07 Jun 2023 08:54

PT Pelayaran Kurnia Lautan Semesta Tbk memasang harga penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO) di level Rp 146 per saham.

Harga penawaran tersebut merupakan batas atas dari harga book building. Adapun Pelayaran Kurnia Lautan Semesta menawarkan harga IPO di rentang Rp 140 hingga Rp 146 per saham.  
 
Calon emiten berkode saham KLAS ini menawarkan sebanyak-banyaknya 540 juta saham baru dengan nominal Rp 40 per saham saham. Nilai tersebut setara dengan 24,94 % dari modal ditempatkan dan disetor telah IPO. 
 
Untuk diketahui, masa penawaran umum perdana KLAS ini akan berlangsung selama empat hari, mulai dari 6 Juni-8 Juni 2023. Jika tidak ada aral melintang, pencatatan saham akan dilakukan pada 12 Juni 2023. 
 
Seluruh hasil bersih IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan untuk sejumlah keperluan. Pertama, sekitar 66,60% akan digunakan untuk pembelian empat set kapal tunda dan tongkang.
 
Sekitar 14,65% akan digunakan untuk penyetoran modal kepada anak usaha, yakni PT Karya Cipta Lahanindo (KCL) yang bergerak di bidang penggalian kuarsa atau pasir kuarsa yang sampai saat ini belum beroperasi. 
 
Terakhir, sekitar 18,75% dana IPO digunakan untuk modal kerja KLAS, misalnya biaya perawatan kapal, biaya bahan bakar, suku cadang dan biaya sandar.
 
Sumber: kontan.co.id