United Tractors (UNTR) Ungkap Transaksi dengan Arkora Hydro (ARKO)

Thursday , 30 Mar 2023 08:57

PT United Tractors Tbk (UNTR) memberikan pinjaman kepada PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) senilai Rp 125 miliar.

Perjanjian pinjaman dilakukan pada 27 Maret 2023, antara UNTR, ARKO, dan juga dengan anak usaha UNTR, yakni PT Energia Prima Nusantara (EPN) dan PT Bina Pertiwi Energi (BPE). EPN sendiri menggenggam 26,55% saham ARKO dan BPE mengempit 4,94% saham ARKO.
 
"Berdasarkan perjanjian tersebut, perseroan (UNTR) memberikan pinjaman kepada ARKO sebesar Rp 125 miliar dengan bentuk fasilitas pinjaman berulang (revolving)," jelas Sekretaris Perusahaan UNTR Sara K Loebis dalam keterbukaan informasi dikutip Kamis (30/3/2023).
 
Pinjaman tersebut akan digunakan oleh ARKO untuk pembiayaan kembali (refinancing) atas pinjaman dari pemegang saham ARKO, yaitu ACEI Singapore Holdings Private Ltd.
 
Apabila pinjaman telah dibayarkan oleh ARKO dan mengingat pinjaman ini bersifat berulang, maka ARKO berencana untuk menggunakan kembali fasilitas yang telah dibayarkan untuk keperluan investasi serta modal kerja. Khususnya, pengembangan kegiatan usaha dalam pelaksanaan proyek akuisisi yang akan dilakukan ARKO.
 
Bunga pinjaman 9,5% per tahun, biaya manajemen 0,5% per tahun, periode ketersediaan dana 1 tahun sejak ditandatanganinya perjanjian, jangka waktu pembayaran 7 tahun sejak tanggal penarikan.
 
"Secara bisnis bagi perseroan akan lebih menguntungkan apabila perseroan memberikan pinjaman ini, dibandingkan bila perseroan harus menyimpan dana kasnya di bank dengan rate deposito bank pada saat ini," papar Sara.
 
Sumber: investor.id