Semester I 2022, Mega Perintis (ZONE) Raup Laba Bersih Rp 52 Miliar

Friday , 05 Aug 2022 08:04

PT Mega Perintis Tbk (ZONE), emiten yang bergerak di bidang ritel fashion menorehkan capaian yang positif pada semester I-2022. ZONE meraih kenaikan laba bersih yang signifikan pada enam bulan pertama tahun ini, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba bersih ZONE pada semester I-2022 sebesar Rp52 miliar. Capaian ini naik sebesar 184% dari semester I-2021, yang hanya sebesar Rp18,3 miliar.
 
Di samping itu, pada periode Januari-Juni 2022, penjualan bersih ZONE meningkat 33% secara tahunan menjadi Rp355,7 miliar. Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, penjualan bersih ZONE sebesar Rp266,8 miliar.
 
Verosito Gunawan, Direktur Utama ZONE mengatakan, raihan kinerja positif hingga semester I ini lantaran didukung oleh mulai pulihnya ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, juga momen penting untuk industri fashion yaitu lebaran tahun ini, di mana masyarakat sudah dapat beraktivitas kembali termasuk mudik.
 
“Kami berharap agar situasi kondusif ini terus berlanjut,” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (4/8).
 
Peningkatan kinerja di enam bulan pertama tahun ini juga turut diikuti dengan peningkatan aset Perseroan. Total asset ZONE pada semester I-2022 sebesar Rp601,7 miliar, naik sebesar 7% dari total aset di periode yang sama tahun lalu, yang saat itu sebesar Rp562,7 miliar.
 
Sedangkan total liabilitas ZONE pada semester I-2022 sebesar Rp275,2 miliar. Untuk terus melanjutkan capaian positif ini, ZONE berupaya melakukan ekspansi bisnis untuk mendorong peningkatan penjualan baik secara online dan offline.
 
Di tahun ini, ZONE menargetkan menambah 40 gerai baru untuk penjualan offline. Tercatat, sampai dengan 31 Juli 2022, Perseroan telah membuka 23 gerai baru dan sisanya 17 gerai akan direalisasikan sampai akhir tahun 2022.
 
“Salah satu konsep baru dari gerai penjualan adalah Salezone. Konsep ini memadukan gerai lifestyle & sport wear discounted store dengan target pasar di luar pusat perbelanjaan umumnya. Gerai ini dikembangkan di sejumlah lokasi, seperti tempat transit/rest area jalan tol dan toko yang berdiri sendiri,” jelasnya.
 
Selain itu, Perseroan juga sedang memprioritaskan peningkatan penjualan secara daring. Dia bilang, divisi khusus telah disiapkan utuk mendukung segmen penjualan online, baik melalui situs milik sendiri maupun melalui berbagai marketplace.
 
Di samping itu, tahun ini Perseroan telah menambah variasi produk setelah mengakuisisi merek EDWIN pada April 2022 lalu. ZONE melakukan pembelian Hak Kekayaan Intelektual EDWIN dan persediaan barang dagang dari PT Saptakharisma Cemerlang.
 
“Dengan sejumlah langkah bisnis yang kami lakukan, kami yakin dapat mencapai target penjualan. Kedepannya, dengan prospek bisnis yang semakin cerah, kami akan terus melakukan langkah strategis, tidak hanya dengan penambahan gerai tapi juga adaptasi terutama dalam pengembangan digitalisasi, sehingga ZONE dapat mempersiapkan diri menjadi omni channel retail,” tutup Verosito.
 
Sumber: Kontan.co.id