Frekuensi Transaksi Saham BEI Paling Tinggi se-Asean

Thursday , 14 Oct 2021 01:26

Bursa Efek Indonesia mencetak rekor rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) saham sebesar Rp13 triliun per hari. 

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi mengatakan pasar modal Indonesia berhasil mencatatkan RNTH tertinggi dalam lima tahun terakhir. Menurutnya memasuki 2021, transaksi harian para investor tembus Rp13 triliun. 
 
ýTingginya aktvitas transaksi mencapai rekor baru, RNTH tembus Rp13 triliun per hari atau naik dua kali dalam lima tahun terakhir. Frekuensi transaksi tecatat 1,2 juta per hari, tertinggi di Asean dalam tiga tahun terakhir,ý katanya Kamis (14/10/2021). 
 
Inarno menambahkan meskipun berada di tengah pandemi, lonjakan volume perdagangan terbukti mampu mencapai 19 miliar saham per hari. 
 
Dia berharap pasar modal dapat terus tumbuh dan membantu pemulihan ekonomi negara. Dia menambahkan penguatan indicator-indikator pasar modal itu ditopang oleh pertumbuhan jumlah investor. BEI mencatat sampai dengan Agustus 2021 jumlah investor saham baru telah tumbuh sebanyak 1 juta. 
 
ýSingle Investor Identification (SID) pasar modal lebih dari 6,4 juta dan 2,9 juta diantaranya adalah SID saham,ý imbuhnya. Inarno optimistis antusias masyarakat untuk berinvestasi dan menjadi bagian pasar modal masih sangat tinggi. 
 
Perseroan, lanjutnya, akan terus memanfaatkan digitalisasi dalam kegiatan operasional. Termasuk edukasi dan sosialisasi pasar modal.
 
Sumber: Bisnis.com