SIDO siapkan belanja modal Rp 180 miliar pada 2020

Friday , 17 Jan 2020 02:40
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) telah menyiapkan anggaran belanja modal sebesar Rp 180 miliar di sepanjang 2020 untuk memuluskan rencana ekspansinya.
 
Direktur Utama Sido Muncul, David Hidayat menjelaskan belanja modal atau capital expenditure (Capex) yang disiapkan untuk tahun ini sebagian untuk perawatan fasilitas produksi.
 
"Sisanya akan digunakan menyelesaikan beberapa proyek kecil," jelasnya kepada Kontan.co.id, Rabu (15/1).
 
Adapun di sepanjang tahun ini, Sido Muncul telah mematok target pendapatan dan laba masing-masing tumbuh double digit di atas 10%.
 
David bilang Sido Muncul masih optimistis mengejar pertumbuhan dua digit sejalan dengan strategi perusahaan yang ingin meningkatkan ketersediaan produk Sido Muncul di pasar domestik dan luar negeri.
 
Tentunya dalam mengejar target tersebut, Sido Muncul sudah menyiapkan sejumlah strategi baik itu untuk pasar domestik maupun ekspor.
 
David menjelaskan strategi untuk pasar lokal, Sido Muncul akan melakukan peningkatan ketersediaan produk Sido Muncul di seluruh Indonesia baik itu di general trade maupun modern trade.
 
"Agar produk dapat menjangkau konsumen hingga pelosok dunia," kata David.
 
Sido Muncul juga berencana memperdalam pasar ekspor dengan melanjutkan penetrasi pasar luar negeri dan fokus ekspansi di kawasan Asia Tenggara. Bahkan kalau melansir catatan Kontan sebelumnya, Sido Muncul menjajal ekspor ke negara tujuan baru seperti ke Myanmar, Kamboja, dan Vietnam.
 
Selain di kawasan Asia Tenggara, Sido Muncul juga tengah membidik peluang ekspor ke Arab Saudi dan Ghana.
 
Sejalan dengan rencana ekspansi pasarnya, David menjelaskan di awal tahun pabrik Cairan Obat Dalam (COD) II baru aktif beroperasi di awal 2019. Hingga saat ini total utilisasi pabrik di kisaran 50% dan sudah digabungkan dengan utlisasi produksi yang baru.
 
 
 

Sumber : KONTAN.CO.ID