AKR Corporindo Lego PT Berlian Manyar Stevedore

Wednesday, 11 Sep 2019 11:08

PT AKR Corporindo Tbk melalui PT Usaha Era Pratama Nusantara telah melakukan divestasi sekitar 200 saham atau 40% dalam PT Berlian Manyar Stevedore (BMST) pada 6 September 2019.

“Penjualan saham ini dilakukan kepada PT Terminal Petikemas Surabaya dan Koperasi Pegawai Pelabuhan Indonesia III, dengan nilai transaksi Rp266,513 juta,” kata Direktur Suresh Vembu dalam keterbukaan informasi BEI, Rabu (11/9).

Ia beralasan divestasi dilakukan dengan pertimbangan pada saat pendirian BMST direncanakan sebagai perusahaan bongkar muat di terminal pelabuhan Manyar Gresik. Namun, hanya beroperasi kurang lebih 1 tahun dan sejak Januari 2017 pasif dalam melakukan kegiatan usahanya.

“Hal ini karena bongkar muat di terminal pelabuhan Manyar Gresik dilakukan langsung oleh PT Berlian Manyar Sejahtera,” ujarnya.

Menurut dia, transaksi divestasi ini bukan transaksi material dan afiliasi.

Saat ini, perseroan memiliki entitas usaha patungan yang bergerak di bidang kawasan, seperti PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS), serta AKR Land.

Di Gresik, Jawa Timur, perseroan tengah mengembangkan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) seluas 3.000 hektar, yang terdiri dari kawasan industri, pelabuhan multiguna, kawasan komersial dan perumahan. JIIPE akan menjadi hub industri strategis di Indonesia dan Asia Pasifik.





Sumber : ANTARANEWS.COM