Lagi, BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5,50%

Thursday , 22 Aug 2019 03:05

Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 21-2 Agustus 2019 memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis points (bps). Dengan demikian, suku bunga acuan BI menjadi berada di level 5,50% dari level 5,75%.

Ini menjadi bulan kedua Bank Sentral menurunkan suku bunga acuannya, setelah sepanjang paruh pertama tahun 2019 memutuskan menahan suku bunga acuan. Adapun kini suku bunga Deposit Facility (DF) menjadi di level 4,75% dan Lending Facility (LF) pada level 6,25%.

"Dengan mempertimbangkan ekonomi global maupun domestik, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 21-22 Agustus 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 5,50%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

 

Dia menyatakan, BI terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian Indonesia dalam mempertimbangkan penurunan suku bunga kebijakan. Penurunan ini, menurutnya, sejalan dengan rendahnya prakiraan inflasi dan tetap menariknya imbal hasil aset keuangan domestik.

"Serta sebagai langkah pre emptive untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi ke depan di tengah perlambatan ekonomi global,"kata dia.

Sebelumnya, langkah Bank Sentral menurunkan suku bunga acuan ini tak sesuai dengan perkiraan sejumlah ekonom. Diantaranya, Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyatakan, BI akan menahan suku bunga acuannya karena didorong meningkatnya ketidakpastian ekonomi global.

Menurutnya, eskalasi perang dagang antara Amerika Serikat dan China mengurangi sentimen risiko dan menekan Rupiah dalam beberapa waktu terakhir ini. Dengan pertimbangan kondisi global, menurutnya, BI akan mengoptimalkan instrumen kebijakan lainnya ketimbang suku bunga, seperti kebijakan makroprudensial, kebijakan operasi pasar terbuka.

"Sambil menunggu waktu yang tepat untuk menurunkan tingkat suku bunga kebijakan," katanya kepada Okezone.

 

 

Sumber : OKEZONE.COM