Market Rumours

Begini Kode Keras CEO GOTO

Friday , 26 Jan 2024

Chief Executive Officer GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo baru-baru ini mengatakan posisi keuangan perseroan tengah berada dalam posisi terbaiknya sepanjang masa. Patrick mengatakan perseroan telah melakukan perubahan mendasar dalam cara mereka melakukan bisnis. Dari perspektif keuangan, perseroan disebut berada dalam posisi terbaik sepanjang masa. Patrick juga mengatakan dirinya saat ini bisa tersenyum dan tidak memiliki kekhawatiran (akan masa depan GOTO).

Pernyataan Patrick ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan GOTO merangkul TikTok sebagai partner bisnisnya. Sejauh ini yang publik ketahui TikTok adalah pihak yang mendekati GOTO untuk mendapatkan Tokopedia. Namun rupanya Patrick mengatakan GOTO telah lama melakukan pendekatan dengan TikTok. Kemudian datangnya kebijakan pemerintah yang melarang TikTok berjualan di aplikasi sosial medianya menjadi katalisator yang mempercepat perjodohan mereka.

Secara tersirat Patrick mengatakan jika GOTO tidak berpartner dengan TikTok, maka lambat laun Tokopedia bakal mati. Jadi adalah GOTO disini sebenarnya yang sangat menginginkan untuk dapat menggandeng TikTok. Tidak heran begitu mudahnya TikTok mendapat 75% saham Tokopedia yang sempat membuat heboh dan menjadi pertanyaan banyak pihak. Kini, setelah hampir pasti Tokopedia menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia, GOTO dapat dengan tenang menjalani bisnisnya. Masih menurut Patrick, GOTO akan lebih fokus mengembangkan bisnis inti yang lain dibidang layanan finansial dan layanan on demand.

Pernyataan ini bisa jadi kode keras Patrick untuk masa depan bisnis Bank Jago Tbk (ARTO). ARTO adalah tulang punggung GOTO di layanan finansial. Sama seperti induknya, ARTO juga tengah berupaya menjadi bank yang sehat dan menguntungkan. Jika benar layanan finansial akan menjadi fokus GOTO kedepan, maka peluang ARTO untuk berkembang dan menguntungkan terbuka lebar.