Hot Topics & Opinion

Margin Bank Akan Dipaksa Turun

Tuesday , 19 Mar 2024

Tingginya suku bunga kredit perbankan nasional telah menjadi problem lama yang sangat pelik. Bank Indonesia pun sampai harus mengganti instrumen moneternya dari BI rate menjadi BI3DRR. Salah satu harapannya agar instrumen baru ini lebih relevan dan efektif menjadi benchmark suku bunga perbankan. Faktanya instrumen baru tersebut tetap tidak berdaya mengatur suku bunga bank. Himbauan pemerintah agar bank menurunkan suku bunganya juga tidak pernah digubris. Bahkan oleh bank BUMN yang notabene milik pemerintah.

Turunnya margin bank akan dilakukan melalui penerbitan aturan baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mewajibkan bank bisa transparan dalam menetapkan suku bunga dasar kredit (SBDK). Regulasi ini telah disetujui dalam rapat kerja bersama DPR. Saat ini tengah dalam pengurusan administrasi di Kementerian Hukum dan HAM. Dalam aturan tersebut, bank diharapkan transparan dalam menentukan komponen suku bunga kreditnya.

Jika aturan ini nantinya berhasil menekan suku bunga kredit perbankan, pertumbuhan kucuran kredit bank diharapkan dapat tumbuh lebih tinggi. Selanjutnya dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi makro secara nasional. Sebaliknya, profitabilitas bank perlahan akan turun dan kemungkinan menjadi kurang menarik lagi dimata investor.