Hot Topics & Opinion

Konfirm! Fed Rate Bakal Naik Lebih Kecil

Thursday , 01 Dec 2022

Chairman Federal Reserve Jerome Powell mengkonfirmasi bahwa suku bunga The Fed akan naik lebih kecil pada FOMC meeting 13-14 Desember 2022. Menurutnya pengurangan laju kenaikan suku bunga perlu dilakukan meskipun penurunan inflasi masih dianggap lambat. Hal ini karena kenaikan suku bunga disebutnya membutuhkan waktu untuk bekerja di sistem keuangan.

Oleh karenanya, The Fed akan mempertahankan tingkat suku bunga pada level yang cukup tinggi dalam jangka waktu lama. Pengamat menduga suku bunga baru akan mulai diturunkan pada akhir 2023. Sementara itu terminal rate diprediksi berada disekitar level 5,0%. Artinya The Fed masih memiliki ruang untuk menaikkan suku bunganya sebesar 100 basis poin lagi.

Wall Street menyambut positif pidato Jerome Powell tersebut yang ditunjukkan oleh lonjakan indeks Dow Jones sebesar 752 poin atau 2,2%. Tidak hanya bursa saham, trader pasar komoditi pun bereaksi positif dengan memborong logam mulia hingga naik ke level tertingginya dalam empat bulan terakhir.

Selain emas, harga minyak mentah jenis WTI juga naik kembali diatas level US$80 per troy ounce. Sedangkan harga batu bara kembali mendekati level psikologis US$400 per metrik ton.