Hot Topics & Opinion

Fed Rate Hampir Pasti Turun September

Sunday , 07 Jul 2024

Pelaku pasar global menyambut gembira data pasar tenaga kerja Amerika yang menunjukkan indikasi melemah. Hal ini ditunjukkan dengan naiknya angka pengangguran menjadi 4,1% pada Juni 2024 dari 4,0% bulan sebelumnya. Ini adalah angka tertinggi sejak November 2021 yang mengejutkan pasar karena sebelumnya menyangka tidak ada perubahan. Indeks harga saham S&P 500 dan Nasdaq naik ke rekor tertinggi barunya pada penutupan Jumat (5/7).

Pidato Chairman The Fed Jerome Powell juga menyejukkan pasar dengan mengatakan inflasi Amerika berada dijalur yang diharapkan bank sentral. The Fed menggunakan data personal consumption expenditure atau PCE index sebagai barometer inflasinya. Data PCE bulan Mei turun ke level terendahnya sejak Maret 2021 menjadi 2,6%. Namun angka tersebut masih cukup jauh diatas target 2% yang diinginkan The Fed. Sehingga Powell mengatakan masih menantikan perkembangan data yang lebih meyakinkan untuk dimulainya penurunan suku bunga.

Indikasi yang ditunjukkan oleh dot plot The Fed adalah adanya pemangkasan suku bunga satu kali tahun ini. Namun dengan data terbaru dari pasar tenaga kerja, investor mulai berspekulasi akan ada setidaknya dua kali penurunan suku bunga tahun ini. Dengan perkembangan seperti ini, sentimen pasar diperkirakan akan tetap positif pada pekan ini. IHSG pun berpeluang mendekati kembali level tertingginya yang pernah dicapai disekitar 7400.