What's New

Stock Idea: MPPA Efisiensi Dan Fokus Perbaiki Kinerja
14 Feb 2019

Ringkasan Pertimbangan Investasi

- Sepanjang 9M18, MPPA membukukan penjualan sebesar Rp8,28 triliun, turun 13,8% YoY dari posisi Rp9,62 triliun pada 9M17, terutama sebagai dampak dari strategi Perseroan untuk mengurangi bisnis B2B yang memiliki marjin rendah dan mengarahkan sumber daya untuk mengembangkan bisnis ritel dengan melayani kebutuhan konsumen ritel;

- Efisiensi yang dilakukan tersebut terlihat doi 3Q18 dimana marjin laba kotor meningkat signifikan 350 bps menjadi 16,7% (vs 12,2% di 2Q18). Alhasil perseroan berhasil menekan kerugian dari sebelumnya Rp102,6 miliar di 2Q18 menjadi Rp 73 miliar di 3Q18;

- Tahun ini perseroan terus akan membatasi ekspansi dan terus focus memperbaiki kinerja keseluruhan terutama Hypermart, salah satunya dengan mengkaji luasan atau mengganti format gerai agar lebih efisien, serta menggejot penjualan online dimana perseroan telah memiliki apps untuk pengguna smartphone.

- Kami memandang prospek bisnis supermarket dan hypermarket masih akan tertekan terutama karena penetrasi minimarket yang semakin dekat dengan tempat tinggal konsumen yang juga menawarkan harga yang kompetitif ditambah dengan kompetisi dengan platform e-commerce.

Baca selengkapnya disini atau download reportnya disini