Lotus Online Trading System | Online Trading Saham Terbaik

MEMBACA LAPORAN KEUANGAN: RUGI LABA

Laporan Rugi Laba (Income Statement)

Sales/Revenue
Sales mencerminkan sumber pendapatan utama perusahaan yang diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa. Sales dicatat bersih setelah dikurangi retur barang atau berbagai diskon untuk pelanggan. Di non tipikal perusahaan, Sales biasanya juga disebut dengan Revenue.

Cost of Good Sold - COGS
Dalam perusahaan manufaktur, semua biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah produk yang siap untuk dijual dicatat sebagai CoGS. Mulai dari pembelian raw material, tenaga kerja dan overhead yang terlibat langsung dalam proses manufacturing. Biaya overhead seperti sewa, listrik, depresiasi, perbekalan, maintenance dan perbaikan atau gaji supervisor.

Gross Profit
Laba Kotor adalah jumlah lebih dari Sales terhadap Cost of Good Sold. Membandingkan Gross Profit dari periode ke periode akan berguna untuk melihat trend kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba.

Operating Expenses
Atau Beban Operasi ada dua bagian, Depresiasi dan Amortisasi serta Beban Umum, Penjualan dan Administrasi. Beban Umum, Penjualan dan Administrasi adalah biaya yang tidak termasuk CoGS seperti gaji dan bonus eksekutif, gaji dan komisi marketing, gaji karyawan administrasi, iklan dan promosi, travel dan entertainment, pengeluaran kantor lainnya.

Operating Profit
Mengurangi Laba Kotor dengan semua beban operasi akan menghasilkan pos ini. Operating Profit atau laba operasi berguna untuk mengetahui apakah laba perusahaan benar-benar diperoleh dari core business-nya ataukah tidak.

Other Income/Expenses
- Dividend & Interest Income
Tambahan pendapatan lain kadang berasal dari dividen perusahaan asosiasi atau bunga dari investasi di obligasi.
- Interest Expenses
Tipikal interest expense berasal dari tiga sumber, yaitu notes payable, obligasi dan utang jangka panjang lainnya.

Income Tax
Adalah Pajak Penghasilan yang diatur berdasarkan Undang-undang No. 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan. Ini adalah perubahan dari sebelumnya tarif pajak bertingkat menjadi tarif tunggal sebesar 25%.

Net Profit
Net Profit atau Net Income biasa juga disebut sebagai “bottom line”.... akhir dari laporan rugi laba atau Income Statement.